Memahami Data NMEA

Posted By: Admin plazagps Di: News & info On: Monday, January 7, 2019 Views: 47

Sebelum kita membeli sebuah produk tentunya kita mencari tahu informasi tentang pdroduk tersebut, dalam bidang navigasi terdapat banyak sekali penemuan teknologi GPS. Sering dalam spek GPS terdapat informasi output data  NMEA. Sebenarnya apa sih NMEA itu?. NMEA merupakan kepanjangan dari National Marine Electronics Association. NMEA ada jauh sebelum GPS ditemukan. Menurut situs web NMEA, asosiasi ini dibentuk pada tahun 1957 oleh sekelompok dealer elektronik untuk menciptakan komunikasi yang lebih baik dengan produsen.

Sebelum kita membeli sebuah produk tentunya kita mencari tahu informasi tentang produk tersebut, dalam bidang navigasi terdapat banyak sekali penemuan teknologi GPS. Sering dalam spek GPS terdapat informasi output data  NMEA. Sebenarnya apa sih NMEA itu?. NMEA merupakan kepanjangan dari National Marine Electronics Association. NMEA ada jauh sebelum GPS ditemukan. Menurut situs web NMEA, asosiasi ini dibentuk pada tahun 1957 oleh sekelompok dealer elektronik untuk menciptakan komunikasi yang lebih baik dengan produsen.

Saat ini di dunia GPS, NMEA adalah format data standar yang didukung oleh semua produsen GPS, seperti ASCII adalah standar untuk karakter komputer digital di dunia komputer Tujuan dari NMEA adalah untuk memberikan pengguna peralatan kemampuan untuk mencampur dan mencocokkan perangkat keras dan perangkat lunak. Data GPS berformat NMEA juga membuat hidup lebih mudah bagi pengembang perangkat lunak untuk menulis perangkat lunak untuk berbagai penerima GPS daripada harus menulis antarmuka khusus untuk setiap penerima GPS. Misalnya, perangkat lunak VisualGPS (gratis), menerima data yang diformat NMEA dari penerima GPS apa pun dan menampilkannya secara grafis. Tanpa standar seperti NMEA, akan memakan waktu dan mahal untuk menulis dan memelihara perangkat lunak tersebut. 

Apa yang membuat NMEA sedikit membingungkan adalah bahwa ada beberapa pesan "NMEA", bukan hanya satu. Jadi, seperti halnya semua jenis penerima GPS dengan kemampuan berbeda, ada banyak jenis pesan NMEA dengan kemampuan berbeda. Selain itu, data NMEA dapat dikirim melalui berbagai jenis antarmuka komunikasi seperti RS-232, USB, Bluetooth, Wi-Fi, UHF, dan banyak lainnya.

Strukture Pesan NMEA

Untuk memahami struktur pesan NMEA, mari kita periksa pesan $ GPGGA yang populer. berikut contoh data Pesan khusus output dari penerima GPS RTK:

$GPGGA,181908.00,3404.7041778,N,07044.3966270,
W,4,13,1.00,495.144,M,29.200,M,0.10,0000*40

Semua pesan NMEA dimulai dengan $ karakter, dan setiap bidang data dipisahkan oleh koma.GPmenyatakan bahwa itu adalah posisi GPS (GL akan menunjukkan GLONASS).181908.00adalah cap waktu: waktu UTC dalam jam, menit dan detik

3404.7041778 merupakan latitude dalam format DDMM.MMMMM . Decimal places are variable.

N menunjukkan Lattitude North.

07044.3966270 menunjukkan longitude dalam format DDDMM.MMMMM . variable Decimal.

W menunjukan pososi west/barat.

4 menunjukkan indikator kualitas:

1 = Koordinat tidak terkoreksi

2 = Koordinat terkoreksi secara berbeda (e.g., WAAS, DGPS)

4 = Koordinat Fix RTK (tingkat keakuratan centimeter)

5 = RTK Float (ketepatan decimeter .

13 menunjukkan jumlah satelit yang terdeteksi dan digunakan dalam koordinat.

1.0 menunjukkan HDOP (horizontal dilution of precision).

495.144 menunjukkan altitude antena.

M menunjukkan unit dari altitude dalam hal ini meter.. (eg. Meters or Feet)

29.200 menunjukkan pemisah geoid (kurangi ini dari ketinggian antena untuk sampai di Height Above Ellipsoid (HAE).

M menunjukkan satuan yang digunakan oleh pemisah geoidal.

1.0 menunjukkan usia koreksi (if any).

0000 menunjukkan koreksi stasion ID (if any).

*40 menunjukkan checksum.

disadur dari https://www.gpsworld.com/what-exactly-is-gps-nmea-data/

Share Arikel :